Sabtu, 13 November 2010

WARBAN - CARINGIN TILU - BOJONG KONENG

Warung Bandrek tp kumpulnya goweser Banndung
Selasa 29 juni 2010 adalah pengalamanku yg pertama utk gowes ke Warban yg sangat fenomenal di kalangan goweser khususnya Bandung. Setelah 2 hari sbl nya berhasil menjajal jalur Lembang via Cijengkol, pukul 6.15 saya mulai bergerak dr by pass Soekarno-Hatta menuju arah Dago, walaupun start lumayan terlambat tp udara masih segar apalagi setelah memasuki sekitaran jalan Wastukencana cuaca makin segar karena masih banyak pepohonan besar di sepanjang jalan hingga ke arah Dago.
 Karena sbl nya sudah membaca artikel ttg trek arah Warban maka sayapun sudah mempersiapkan diri khususnya mental krn akan menghadapi tanjakan terus-menerus bahkan ada yg mengatakan salah satunya “tanjakan putus asa” atau “Tanjakan HarJa”,dan saya berniat kalo gak terpaksa gak usah turun dr sepeda apalagi TTB hingga Warung Bandrek.
Makin memasuki kawasan atas Dago udara semakin segar, cuaca yg lumayan dingin membantu phisik sy tetap segar walaupun tanjakan gak ada ujungnya, setelah terminal Dago dikasih bonus turunan tapi langsung di beri tanjakan yg aduhai hingga pertigaan Pakar-Ciburial, sepanjang perjalanan banyak berpapasan dg goweser yg lain sehingga membuat sy gak jenuh krn bisa ngobrol sambil gowes, beda waktu k Cijengkol cuma sendiri gak ada temen…..hiks. Setelah mendekati gerbang Pakar yg yang ke 2 (paling akhir) ambil arah kanan jalanan berganti aspal kampung dan tanjakan masih menanti tapi pemandangan makin indah, apalagi setelah  meninggalkan kawasan pemukiman udara makin suegerr karena di sbl kiri adalah kawasan hutan pinus sedangkan sbl kanan adalah cekungan dg pemandangan perbukitan dan kota  Bandung… subhanalloh…,Cuma sayang sy gak ambil view krn sudah niat gak turun dr spd kecuali terpaksa.
parkir spd diantara pohon pinus
Akhirnya tanjakan yg fenomenal dg istilah tanjakah HarJa menanti saya, memang mantap beneerr tanjakan ini untungnya pepohonan besar melindungi serta udara yg seger2 dingin membantu kekuatan dan semangat saya untuk terus gowes.Setelah melewati tanjakan HarJa akhirnya warung yg dicari nampak juga, goweser pun sudah ada yg istirahat di sana, dan sayapun mengenalkan diri ,ternyata banyak senior2 gowes disini baik dr segi pengalaman maupun usia… .

Di Warung ini kita dpt memesan makanan dan minuman dan yg paling diminati adalah bandrek susu nya, gak jauh beda dg “teh susu jahe”nya cihuni cuma lingkungannya yg berbeda jauh disini udara sangat segar cenderung dingin bahkan kabut masih terlihat jelas sehingga sangat cocok minuman panas dan hangat dg cuaca dingin

2 guider
Ternyata Warban hanyalah tpt singgah saja krn masih bisa dilanjut ke Caringin Tilu- bojong koneng, atau ke arah maribaya, atau juga ke arah Goa Pakar. Setelah chit chat dg para goweser Bandung akhirnya sy gabung dg kang Hendro ‘padasuka’ dan kang Edi ‘tikukur’ menuju caringin tilu (cartil) dg tujuan bojong koneng, kang Eep sempat mengingatkan hati2 dg turunan cimenyan…

menjelang akhir tanjakan cartil
Saya makin menikmati perjalanan ini walaupun tanjakan silih berganti bermunculan tp tdk mengendurkan semangatku tuk mengikuti 2 guider melahap tanjakan demi tanjakan, pemandanganpun semakin indah saja shg mengubur rasa capeku.

Setelah melintasi beberapa tanjakan mulai dr aspal kampung hingga
mc adam, akhirnya menemui turunan tajam berkelok2 diantara cekungan perbukitan, lumayan membuat nyali ciut juga karena jalan yg dilalui aspal halus tapi lebarnya tidak begitu luas jd apabila berpapasan dg mobil musti hati2 dan juga kanan-kiri jalan adalah cekungan perbukitan yg mengharuskan kontrol kita lebih ekstra hati2 supaya tidak kebablasan saat berbelok ria, hingga seatpost pun diturunkan untuk lebih memudahkan control speda , alhamdulilah brake bekerja optimal shg tidak terjadi hal2 yg tdk diinginkan.
Memang d Bandung kemampuan gowesernya sangat mumpuni, walaupun sproket cuma 7 bahkan gak sedikit yg masih 6 gear dan usia banyak yg sudah senior tp tanjakan2 d sekitaran Bandung masih bisa dijajal habis.... two thumbs up lah..........
Terima kasih buat akang2 goweser Bandung yg telah memberikan tambahan pengalaman buat saya,
insya Alloh saya akan mampir lagi ke WarBan kalo liburan d Bandung lagi.